jump to navigation

Jelang Pengumuman Webometrics Juli 2010 June 5, 2010

Posted by 06523289 in : Webometrics , trackback

Secangkir teh hangat dan setoples cemilan sambil membaca postingan  ini saya rasa patut dipertimbangkan. karena membuat suasana senyaman mungkin membuat seluruh indra kita siap menerima tugas. betul nggak?.hehe..(malah ngawur kemana2).

Buat me”refresh” ingatan kita tentang bagaimana Cybermetrics Lab melakukan tugasnya dalam menyusun peringkat webometrics universitas-universitas seluruh dunia. saya pengen kasih beberapa rumus dasar yang menjadi patokan dalam perangkingan webometrics tersebut. rumus ini bisa temen2 lihat di situs resminya.

Ada 4 faktor yang menjadi dasar patokannya, yaitu :

  1. Visibility (v) merupakan jumlah total link eksternal unik yang diterima oleh situs sebuah universitas
  2. Size (s) merupakan jumlah halaman yang dapat ditemukan pada empat mesin pencari, yaitu Yahoo, Google, Live Search dan Exalead.
  3. Rich Files (r) merupakan jumlah file yang berekstensi pdf, ps, doc, dan ppt yang dapat ditemukan di google,yahoo,live search dan exalead.
  4. Scholar (sc) merupakan jumlah paper atau citation yang dapat ditemukan dari database google scholar

Masing-masing faktor diatas punya bobot yang berbeda, detail pemberian bobotnya adalah : V = 50%, S = 20%, R = 15% dan SC = 15%.

Setelah semua data dikumpulkan dan dihitung, baru kemudian rangking universitas-universitas seluruh dunia dapat diperoleh. lalu kenapa perangkingannya selalu di release per 6 bulan? saya juga tidak tahu pasti. tapi menurut saya, dengan dijeda selama 6 bulan, pergerakan “kehidupan” universitas di dunia maya akan terlihat secara signifikan.

Nah prediksi saya tentang peringkat universitas se-Indonesia untuk Juli 2010 ini, setelah mengambil satu contoh sample dari satu mesin pencari, saya memprediksi urutan 1-4 akan tetap dihuni oleh pemenang pada periode januari 2010 lalu. tinggal nanti urutan 5 kebawah yang kemungkinan bakal bergeser. tapi ini hanya versi saya, sehingga pengambilan datanya juga suka-suka saya.¬† kita lihat saja nanti…^_^

Comments

Sorry comments are closed for this entry

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer